Welcome

Pentingnya Menuntut Ilmu Sebagai bekal di dunia dan Akhirat

keutamaan-menuntut-ilmu.width-800.format-webp

islam adalah agama yang menganjurkan untuk mencari ilmu. Kita dapat menemukan banyak ayat dalam Al-Qur’an yang mendorong kita untuk berpikir dan merenung.

Mengapa kita harus menuntut ilmu dari buaian sampai ke liang lahat ?

Islam adalah agama yang menganjurkan mencari ilmu sebagai kebajikan. Kita mungkin menemukan banyak ayat dalam Al-Qur’an yang mendorong kita untuk melatih akal untuk berpikir dan merenung. Salah satunya adalah surah al jatsiyah ayat 13 ayat: “Dan Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untukmu semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya. Sungguh, dalam hal yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir.

kita didorong untuk terus meningkatkan diri dengan mempelajari keterampilan baru dan memperoleh pengetahuan baru, namun, pencarian kita akan pengetahuan pada akhirnya harus membawa kita untuk menjadi lebih rendah hati.

Berikut adalah 3 alasan mengapa kita harus terus menuntut Ilmu :

  1. Pengetahuan yang Bermanfaat akan membawamu ke salah satu pintu Surga. Kegiatan mencari ilmu pengetahuan melalui sarana yang tepat adalah suatu kebajikan dan akan ada balasan dari setiap tindakan mencari ilmu. Dengan kata lain, seseorang tidak harus menjadi sarjana yang hebat untuk mendapatkan imbalannya tetapi dengan upaya belajar yang tulus.
    Dalam sebuah hadits, Nabi s.a.w. Bersabda:
    Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan membuatnya menempuh salah satu jalan menuju surga. Sesungguhnya malaikat akan dengan senang hari menurunkan sayapnya kepada orang yang mencari ilmu.”
  2. Dimuliakan dan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. ilmu dalam pandangan Islam adalah suatu kebutuhan yang harus diraih oleh setiap muslim. Karena dari ilmu manusia dapat mengetahui hakekat kebenaran. Seperti Firman Allah SWT dalam Surah Al Mujadalah ayat 11 :Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”
  3. Allah menghendaki kebaikan bagi orang yang berilmu. Meskipun pengetahuan dapat dicapai tetapi kita tidak boleh menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa kita adalah penguasa Hidup dan nasib kita. Ilmu adalah anugerah dari Allah s.w.t. Dalam sebuah hadits, Rasulullah s.a.w. Menyebutkan kepada kita bagaimana pengetahuan diberikan kepada seseorang oleh Allah s.w.t. : Jika Allah menghendaki kebaikan bagi seseorang, Dia memberinya pemahaman tentang agama”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

Selamat Datang